Posted on Leave a comment

Berapa jumlah nisab zakat sapi atau kerbau?

Berzakat.id – Di Indonesia, sapi dan kerbau merupakan hewan yang sering diternak untuk diambil berbagai manfaatnya. Namun, sebagian dari umat muslim belum mengetahui bahwa sapi dan kerbau mempunyai nisab zakat. Berbeda dengan nisab zakat unta sebelumnya, nisab zakat sapi atau kerbau lebih sederhana dan mudah penghitungannya. Sapi atau kerbau dikenakan zakat jika jumlahnya mencapai 30 ekor, sedangkan unta 5 ekor. Lalu berapa zakat yang harus dibayar jika kita mempunyai 100 ekor sapi atau kerbau?

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah tabel nisab zakat sapi atau kerbau

NisabJumlah zakatKeterangan umur sapi atau kerbau
30 – 39 ekor1 ekor anak sapi atau kerbau2 tahun lebih
40 – 59 ekor1 ekor anak sapi atau seekor kerbau2 tahun lebih
60 – 69 ekor2 ekor anak sapi atau seekor kerbau1 tahun lebih
70 – … ekor1 ekor anak sapi atau seekor kerbau
dan 1 ekor anak sapi atau seekor kerbau
2 tahun lebih

Jika jumlahnya melebihi 70 ekor sapi atau kerbau, setiap 30 ekor sapi atau kerbau zakatnya adalah 1 ekor anak sapi atau kerbau umur 1 tahun lebih. Dan setiap 40 ekor anak sapi atau kerbau zakatnya adalah 1 ekor anak sapi atau kerbau berumur 2 tahun lebih. Zakat sapi atau kerbau berlaku apabila syarat wajib zakat binatang ternak terpenuhi.

Perhitungan diatas berdasarkan hadits dibawah ini:

Dari Mu’adz bin Jabal. Ia berkata, “Rasulullah SAW telah mengutusku ke negeri Yaman, dan beliau menyuruhku memungut zakat, dari tiap tiga puluh sapi (atau kerbau) seekor anaknya yang betina atau yang jantan umur 1 tahun, dan dari tiap-tiap empat puluh ekor sapi (atau kerbau) seekor anaknya yang berumur 2 tahun.” (Riwayat lima orang ahli hadits)

Wallahua’lam bishawab

Disadur dari buku Fiqh Islam karya H. Sulaiman Rasjid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *