Posted on Leave a comment

Berapa jumlah nisab zakat kambing?

Berzakat.id – Selain sapi dan kerbau, kambing juga merupakan hewan yang banyak diternak di Indonesia. Bahkan, peminat daging kambing di Indonesia cukup tinggi. Maka tidak heran jika banyak dari kita yang mempunyai usaha peternakan kambing. Lalu bagaimana dengan nisab zakat binatang kambing? Apakah sama dengan nisab zakat sapi atau kerbau?

Disadur dari buku Fiqh Islam karya H. Sulaiman Rasjid, kambing wajib dibayarkan zakat jika jumlahnya mencapai 40 ekor. Jumlah tersebut merupakan jumlah minimal kambing harus dizakati. Jika belum mencapai 40 ekor, maka kambing tidak perlu dikeluarkan zakatnya, karena belum mencapai nisab. Selain itu, zakat kambing tersebut berlaku apabila syarat wajib zakat binatang ternak terpenuhi. Seperti lamanya kepemilikan kambing, status kepemilikan kambing, dan beberapa syarat lainnya.

Lalu berapa zakat yang harus dibayar jika kita mempunyai 500 ekor kambing? Untuk lebih jelas, berikut ini adalah tabel nisab zakat kambing secara lengkap

Tabel nisab zakat kambing

NisabJumlah zakatKeterangan umur
40 – 1201 ekor kambing betina
atau 1 ekor domba betina
2 tahun lebih
1 tahun lebih
120 – 2002 ekor kambing betina
atau 2 ekor domba betina
2 tahun lebih
1 tahun lebih
201 – 3993 ekor kambing betina
atau 3 ekor domba betina
2 tahun lebih
1 tahun lebih
400 – …4 ekor kambing betina
atau 4 ekor domba betina
2 tahun lebih
1 tahun lebih

Jika jumlahnya melebihi 400 ekor, maka tiap-tiap 100 ekor kambing zakatnya adalah 1 ekor kambing atau domba dengan umur yang sama seperti tabel diatas. Jadi, jika kita mempunya 500 -599 ekor kambing, maka zakat ternak yang harus kita bayarkan adalah 5 kambing betina berumur 1 tahun lebih atau 5 domba betina berumur 2 tahun lebih. Jika berjumlah 600 – 699 maka zakat yang harus dibayar adalah 6 ekor kambing betina berumur 1 tahun lebih atau 6 domba betina berumur 2 tahun lebih, dan begitu seterusnya.

Wallahu’alam bishawab

Disadur dari buku Fiqh Islam karya H. Sulaiman Rasjid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *